Wednesday, September 28, 2005

Build a Swing with Netbeans IDE 5.0


Now is more easier to build a Swing Appication with Netbeans's Matisse GUI Builder !

Yang menjadi masalah dalam hal pembuatan GUI dengan Swing adalah masalah pemakaian Layout. Standard Swing Layout tidak lah mudah digunakan, terutama GridBagLayout.
Dari sekian banyak GUI Builder yg pernah aku coba, hanya Matisse lah yg paling berkesan bagiku. Karena Builder ini tidak menggunakan BorderLayout atau GridBagLayout, melainkan dengan Swing Layout!

Swing Layout Extensions ini, hasil pengembangan dari team SUN. Layout manager terbaru ini nantinya akan dimasukkan ke dalam Java Standard Edition 6 (Codename Mustang) Summer 2006 mendatang.

Berikut demo penggunaan Matisse GUI Builder dalam bentuk flash : Matisse flash demo

Download Netbeans IDE 5.0 Beta now! (extract into a folder and double click ...\bin\netbeans.exe, Thats it!)

Category : News

Posted by d-ace @ 11:52 PM 1 comments

1 Comments

  1. Blogger d-ace posted at 11:23 PM  
    sayang seribu sayang, sebelonnya gua jg pengguna Visual Editor, tetapi semenjak mencoba Matisse, laen lagi ceritanya =p. But itu hanya gara-gara sebuah layout baru, swing-layout. Kalau VE menambah layout baru ini ke dalamnya, ya jd sama aja kaya Netbeans. Berhubung sampai sekarang VE belon memakai layout ini, yach untuk sementara keperluan GUI di Netbeans dulu, copy paste add swing-layout.jar, beres =p. Untuk masalah programming, Eclipse tetap da best! Viva Eclipse!

Post a Comment

« Home