Friday, April 08, 2005

My First Programm For My Father

Berawal dr penyetokan barang yg bikin stress di setiap akhir bulan. Bayangkan saja, di kartu stock Barang A masih terdapat 10 biji, tetapi di gudang hanya tinggal 8 biji.
Kemanakah 2 biji sisanya ? Bisa jadi para pegawai lupa mencatat di kartu stock pada waktu penjualan, bisa juga waktu barang datang salah memasukkan jumlah barang yg masuk, atau bisa juga salah memasukkan kode toko barang yg terjual.
Banyak kemungkinan yg bisa terjadi yg mungkin bisa ditelusuri sampai ke akarnya, tetapi bagaimana kalau jumlah macam barang tersebut ada "ribuan" ?
Anda mungkin bisa membayangkan bagaimananya stress nya di tiap akhir bulan dengan barang2 yg tidak beres.
Karena itu lah aku mulai mencoba selama liburan summer 2003 (Juli-Oktober) mulai meng-komputerisasi toko papaku.
Program yg ada aku bagi jd 2 bagian, "JStock" (Stock) dan "JPen" (Penjualan).
JStock merupakan program yg harus diinstall di server, dan JPen di tiap2 client (tergantung banyaknya client yg akan digunakan).
JPen bisa me-request database dr server atau dirinya sendiri (dlm hal ini server tidak harus hidup).
Pembuatan programm tidak banyak memakan waktu yg lama, hanya sekitar 4 minggu. Proses pengetesan lah yg banyak menyita waktu, dimana aku baru tahu bahwa betapa sulitnya menggerakkan mouse untuk org2 yg tidak pernah menyentuh atau meliaht mouse.
Terpaksa aku harus ambil keputusan dan merubah programm menjadi Keyboard Full Control, tentunya dgn mouse jg bisa.
Ada sesuatu hal yg menarik pd waktu pengetesan dimana para pemakai komputer biasanya memegang bon di tangan kiri nya dan harus memasukkan data penjualan di komputer.
Tentu saja alangkah baiknya kalo dlm pemasukan data hanya dengan menggunakan tangan kanan saja. Sekali lage programm dirubah menjadi "Right Hand"-Software.
Banyak hal2 kecil laennya yg musti diatasi dlm pengetesan suatu software. Jauh lebih enak membikin software drpd mengetes software tersebut.
Hingga kini semua dapat berjalan lancar tanpa adanya stress di akhir bulan.
Banyak Features2 yg aku tambahkan yg sebelonnya tidak ada pada "Mesin Register" (Mesin2 yg terdapat pd kasir pd umumnya), seperti system pengecheckan harga.
System ini menjamin ke-100% an (bukan 99.99%) benarnya data barang yg terjual masuk ke dalam database. Apabila para pengguna salah memasukkan harga untuk sebuah barang atau salah memasukkan kode toko, maka system ini akan aktif dan memberi warning.
Feature menarik laennya seperti :
1. pemantauan sebuah barang dengan cepat dan akurat, kapan barang tersebut masuk, terjual, dan dikembalikan (retur)
2. pengecheckan barang baru yg masuk apakah itu benar2 barang baru atau barang yg sudah ada
3. monthly report
4. pencarian kode toko dengan cepat
5. penglihatan hasil pendapatan penjualan in real time
6. system pemotongan stock secara berkala atau in real time
7. pengemudian software melalui internet (pengguna tidak harus berada di toko)

Category: Programming

Posted by d-ace @ 8:22 PM 2 comments

2 Comments

  1. Anonymous Anonymous posted at 6:01 AM  
    Hi.., Aku Adi, waktu aku googling cari program untuk stock barang, aku ketemu blog kamu..,aku tertarik sama program yg kamu buat,, kasusnya sama dengan yg ada di bengkel spare part aku.., itu programnya kamu jual juga nggak??, atau boleh minta demonya??,
    kalo boleh aku ingin lihat..
    kalo nggak ngerepotin bisa kamu kirim ke a_d_i_z@yahoo.com
    Thank's Sebelumnya
  2. Anonymous Anonymous posted at 5:41 AM  
    HI, SAYA RANDY. SAYA JUGA BERMINAT NIH SAMA PROGRAMNYA. DIJUAL GAK HARGANYA BERAPA. KALO BISA KASIH DEMONYA ATAU TRIALNYA DONG. SAYA BUAT TOKO DIRUMAH. THANK. RANDY_HUI2000@YAHOO.COM

Post a Comment

« Home