Friday, April 08, 2005

My First Programming Job

Diawali dengan adanya "Praktikum", sebuah program dr kampus (kaya KKN di indo) yg mengharuskan ikut serta dlm sebuah project di sebuah perusahaan.
Sempat susah jg pd waktu perburuan, dimana banyak perusahaan tidak menerima praktikant.
Sampai akhirnya sebuah perusahaan "MIT" tertarik dgn surat lamaran kerja ku. Panik jg sih waktu pertama kali interview, aku ga gitu mempersiapkan bener2 karena aku jg ga tau apa yg bakal mereka tanyakan.
Pada waktu interview, aku tidak menyangka kalau mereka bener2 mencari seorang professional, bukan seorang praktikant. Banyak tuntutan yg harus kupenuhi yg pd saat itu tidak mungkin bisa aku sanggupi karena terbatasnya pengetahuanku tentang dunia programming.
Dan seperti yg kuduga, mereka tidak menerimaku. Perusahaan seperti ini yg tidak kusukai, demi mencari seorang professional, mereka mencari praktikant, karena praktikant dibayar murah per bulan, tidak seperti seorang professional.
Beberapa hari kemudian aku melihat sebuah tawaran praktikum di papan kampus. Nama perusahaannya cukup aneh, "Knowtice".
Melihat namanya yg aneh, aku tdk berharap bakal keterima di sana. Tetapi aku tetap kirim lamaranku, sampai akhirnya aku dapat panggilan interview.
Pada waktu interview, aku sangat tertarik sekali dengan thema yg ditawarkannya, hingga aku diterima dan mendapatkan project "JIM (Java Inteligent Mail)".
Pada mulanya project ini tampak seperti gunung besar yg susah dicapai puncaknya.
Project ini sepenuhnya menjadi tanggung jawabku, dimana selama 5 bulan ke depan aku harus membikin software untuk auto answering mail dr para client2.
Pada saat itu, aku tidak mempunyai pengetahuan tentang GUI (Graphic User Interface), jd aku mulai dr 0 hingga sampai terbentuknya "JIM".
Software ini nantinya akan dijual ke perusahaan makanan "Maggi". Oh ya, bosku ada 3 orang, mereka semua bekas org2 dr Nestle Jerman dlm berbagai posisi (Logistik/Marketing, IT Consulting, Human Resource).
Pada waktu demo software "JIM" untuk pertama kalinya di Maggi, software ini mendapatkan respon yg sangat positif dr para penanggungjawab "Maggi" yg akan menggunakan software ini.
Ada suatu kebanggaan tersendiri apabila hasil karya sendiri ini dapat digunakan org lain untuk meringankan perkerjaannya.
Bayangkan saja apabila disuruh bikin sesuatu, tetapi tidak ada yg mau pakai. Bagiku lebih baik nganggur drpd mendapat perkerjaan seperti ini.
Setelah masa praktikum habis, aku masih mendapat perpanjangan kontrak sampai saat ini. Dimana bulan demi bulan pengetahuanku semakin bertambah.
Hingga sampai saat ini aku banyak memegang project, katakanlah sekitar 70% dr project kantor, aku ada di dalamnya.

Category: Programming

Posted by d-ace @ 8:21 PM 0 comments

0 Comments

Post a Comment

« Home